Blog ini berisi tulisan dan artikel menarik seputar Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Psikologi serta Dunia Kerja.
Mari berbagi ilmu dan pengalaman anda di sini!

Thursday, January 2, 2014

Tes Psikologi (Psikotes) dalam Rekrutmen

Lulus dari kampus, kebanyakan orang mencari kerja di perusahaan yang diinginkan. Tapi jaman sekarang, nyari kerja tidak mudah. Makin banyak jobseeker di luar, makin sedikit pula kesempatan untuk menempati posisi tertentu di perusahaan.
Hampir semua perusahaan akan menerapkan sistem tahapan rekrutmen untuk menempati posisi yang vacant. Satu dari beberapa tahapan itu adalah Psikotes.

Psycho test.. What is it?
Psikotes adalah suatu tes/ ujian yang diberikan kepada seseorang untuk mengetahui kepribadian dan kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut. Kemampuan seperti apa yang ingin diketahui? Jenisnya macam -macam sekali. Dari mulai kemampuan akademis, kemampuan logika, kemampuan kebahasaan, kemampuan spasial, dan sebagainya. Singkatnya, psikotes adalah suatu alat yang dibuat untuk mengetahui kondisi non fisik seseorang.
Tes Psikologi masih digunakan sebagai saringan awal yang cukup handal karena metode ini cukup bisa memotret kepribadian seseorang pada saat dia melakukan tes tersebut.


Sounds amazing, huh?

For your information, rekrutmen yang menggunakan psikotes biasanya merupakan rekrutmen awal untuk pekerja yang masa kerjanya di bawah 5 tahun.
After 5 years working, company usually don't do psycho test to you, they look at your experience. So, psikotes adalah semacam saringan awal buat mereka yang baru mau bergabung ke dunia kerja agar perusahaan tidak terlalu salah pilih orang yang tidak sesuai dengan nilai-nilai perusahaannya. Untuk orang yang hired by experience, biasanya sudah tidak berlaku lagi psikotes.

Actually, tes psikologi tidak hanya dipakai untuk urusan rekrutmen organisasi saja. Bisa juga dipakai untuk mengetahui minat dan bakat, untuk mengetahui gangguan kepribadian, dan sebagainya. Based on the theme of this blog, I will explain to you about psycho tests that usually used in recruitment. Istilah tes ini tidak akurat secara ilmu psikologi, tapi saya akan coba menjelaskannya secara umum. :)

1. Riwayat Hidup
Yup! Pengisian riwayat hidup adalah salah satu kunci suksesnya psikotes. Believe it. Kalau kamu berpikir bahwa pengisian riwayat hidup boleh asal-asalan, that's a huge mistake. Sehebat-hebatnya seseorang dalam melakukan tes intelegensi, gambar, dll, apabila cara mengisi riwayat hidupnya keliru, that will be waste.
Well, I have a little tips for you.
Dalam riwayat hidup akan ditemui pertanyaan : 3 sifat positif, dan 3 sifat negatif. For many people, mengisi 3 sifat positif akan jauh lebih mudah dari pada mengisi yang negatif. Saya cukup sering melakukan pengetesan untuk beberapa perusahaan waktu masih jadi associate assesor di Biro Psikologi Unpad. Biasanya ada mahasiswa freshgraduate dari lulusan universitas beken sulit sekali mengisi kelemahan dirinya, mungkin karena ingin asesor melihatnya serba bisa tanpa kekurangan. Bahkan ada yang dengan pede nya bilang kalau dia gak bisa menemukan kelemahan/ sifat negatifnya. "Saya gak punya sifat negatif, negatifnya mungkin terlalu pinter kali ya, atau terlalu ganteng."
Man, please just don't ever act like that. Dengan berbicara seperti itu justru memperlihatkan bahwa banyak banget sifat negatif di diri kalian. We know you are smart, we know you're graduated with great GPA, but just don't be arrogant!


Bila kamu lupa tahun pendidikan atau pelatihan, silakan lihat curriculum vitae mu saat psikotes untuk keakuratan data.

2. Tes Intelegensi
Tes Intelegensi dalam Psikotes banyak sekali macamnya. Jenis-jenisnya pun sudah banyak bertebaran di internet maupun toko-toko buku. I will give you example, IST, TIKI. Masih valid kah?
For some people, it is valid. But for some people, it might be not. But why they still use them?
Membuat satu alat ukur tes psikologi tidak semudah membuat soal ujian pelajaran biasa. Banyak hal yang harus dicermati untuk bisa mengukur suatu kemampuan tertentu. Banyak buku-buku atau ebook bertebaran yang memberikan contoh-contoh soal tes tertentu. For me, personally, that's nothing wrong with that. But make sure that you know what you really need to know.
Let me explain this.
Rekrutmen dilakukan tidak hanya menjaring kebutuhan vakansi saja, tapi juga mengetahui bakat dan kemampuan calon pekerja agar nantinya memasuki posisi yang cocok dan nyaman baginya. Misalnya, untuk menempati staff administrasi suatu pabrik yang mengelola ribuan data setiap harinya, tentu dibutuhkan pekerja yang teliti, teratur, dan konsisten dalam pengerjaan. Sementara ada seseorang yang memiliki kepribadian kreatif, imaginatif, dan biasa bekerja diluar aturan ingin sekali menempati posisi tersebut, let's say karena salary nya memang besar. Apa cocok? So, psychological test build to answer that question. Kemudian orang tersebut memutuskan untuk membeli buku-buku primbon tes psikologi dan latihan banyak sekali soal kemudian mentalnya dibuat semaksimal mungkin dapat menjawab semua pertanyaan dalam psikotes. Ternyata dia lolos, dan masuk ke tahap selanjutnya.. let's say he passes the recruitment dan ditempatkan di posisi tersebut. Beberapa bulan kemudian dia merasa tidak betah karena kepribadiannya yang kreatif dan ingin membuat inovasi tidak bisa dikekang dengan pekerjaan yang rutin itu. Jadi salah siapa?
Who's to blame? The position? The Boss? Or the person?
Itulah alasan mengapa biasanya psikologi tester hanya bilang 'Dalam tes ini tidak diperlukan persiapan apapun, cukup konsentrasi dan dengarkan instruksi saja.' It's that simple. Why are you trying so hard?
Dengan mental dan psikologis yang tenang tanpa bekal apapun, akan membentuk hasil tes psikologi yang pure dan sesuai dengan kemampuan. We are not only finding smart people, we find the right people to placed in the right place. Buatlah diri anda bijak dalam menjalani psikotes, karena kita tidak pernah tahu yang terbaik, kita hanya bisa berusaha. And we will respect you so much when you do the test all by your self.
Itu juga yang terjadi pada tes gambar, yang akan kita bahas selanjutnya.
Nih contoh soal-soal psikotes CPNS yang bertebaran di mana-mana


3. Tes Gambar
Coba search tentang psikotes gambar di internet, ribuan file gambar akan kamu lihat dengan mudah tentang jenis-jenis tes gambar di psikotes. Here are some question that I used to get from many people
- Kalau gak bisa gambar gimana? Nanti gambarnya jelek terus gak lolos?
- Kalau anak senirupa kan gambarnya bagus, pasti lulus dong?
- Aku cewek, trus pas tes Wartegg aku gambar kotak 4 yang pertama, pasti aku ada penyimpangan seks ya?
- Kalau gambar orang banyak asesorisnya pasti gak akan lulus ya?
- Aku gambar pohon buahnya banyak, pasti salah ya?

I will answer by one word : No.

No. No. NO NO NO

I'm answering no, that means it's not like what you think. Kepribadian seseorang tidak bisa dilihat karena kamu gambar buah mangga 5 biji, atau karena kamu menggambar ibu-ibu dengan anting dan kalung. Hey, it's science not magic. We are psychologist not psychics!
Untuk menjustifikasi kepribadian seseorang perlu analisa yang menyeluruh dari mulai riwayat hidup dan tes-tes kepribadian sebelumnya. Ibarat melihat gajah, kita tidak bisa mengklaim itu seekor gajah apabila kita hanya melihat ekornya saja atau belalainya saja. Kita perlu mengumpulkan semua gambar untuk menemukan suatu gajah yang utuh, right?
My advice is, seperti tes intelegensi, tes gambar yang merupakan proyeksi dari kepribadian kita juga harus dilakukan sesuai dengan kemampuan dan pribadi kita masing-masing. Jangan sampai primbon atau kasak-kusuk tidak jelas di internet mempengaruhi kamu untuk mengerjakannya. Just be your self, so we can analyze what are you really good at, friends.
You don't want to be in wrong place, do you?


4. Tes Kecepatan Kerja

Actually it's not only speed test. Dalam kacamata psikologi yang lebih wide, tes seperti Pauli atau Kraeplin tidak cuma dianggap sebagai tes kecepatan biasa, di sini juga bisa dilihat intelegensi seseorang bahkan kepribadiannya. Intinya tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan secepat-secepatnya, sebanyak-banyaknya dan seteliti mungkin. Dan di sini hampir tidak mungkin ada kata cheating atau mencontek. Semua kesalahan atau kesengajaan dapat dianalisa dengan baik di tes ini (tergantung asesornya). Jadi, if you want to cheat, pleace think twice. Tidak usah terlalu inovatif dan kreatif dengan mengerjakan tes ini secara random, lompat-lompat angka, atau lompat lompat baris. Semua terlihat dan dapat dianalisa. My advice is, just do it with all your efforts, but use your energy wise. Don't waste your energy at the beginning, that's only makes you tired in the end. Tapi kembali lagi, kerjakan sesuai yang kamu bisa saja :)

5. Tes Jenis Kepribadian
Tes ini sangat sederhana. Misalnya EPPS, Papi Kostick, DISC, dll. Kita diharapkan hanya mengisi salah satu dari beberapa pilihan pernyataan yang paling mendekati kebiasaan kita. Nantinya kita akan dikelompokkan untuk masuk ke kelompok kepribadian tertentu. Jangan berusaha untuk menjadi orang lain atau tidak sesuai dengan kenyataan. All we want is only your honesty, friends. Tips dari saya, jawablah pernyataan-pernyataan tersebut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, dan tidak perlu banyak pertimbangan.
It's only that easy!

So, that's some kind of psychology test. Untuk menjelaskan mengenai tes psikologi dengan lebih rinci tidak bisa selesai dalam satu artikel. Untuk satu jenis tes analisanya bisa sangat mendalam, dan akan sangat disayangkan apabila kita mengerjakannya tanpa pertimbangan dan 'asal beres'. Recruiter di suatu perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menempatkan kamu di posisi terbaik, not only good for them, but also good for you.

Next time I will explain more about recruitment.
Salam!

5 comments:

  1. Replies
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam..... 1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll. 2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2).. Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3. DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6. Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen 9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 1.500.000 • SMA = Rp. 2.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindaht jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. terimakasih, enjoy the other posts ya :)

    ReplyDelete
  3. AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
    Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
    asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
    trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
    nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
    allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
    sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
    mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
    cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
    jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
    sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
    malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
    dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
    lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
    upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
    Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
    pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
    tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
    temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
    ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
    jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
    telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
    KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
    ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
    demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
    sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
    dengan membawa hasil.
    Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
    silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
    TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
    dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
    >>>>KLIK DI SINI<<<<

    ReplyDelete