Blog ini berisi tulisan dan artikel menarik seputar Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Psikologi serta Dunia Kerja.
Mari berbagi ilmu dan pengalaman anda di sini!

Wednesday, April 2, 2014

Tentang Pertamina dan Rekrutmen Pertamina

Sebagai HR dan ex BPS (Bimbingan Profesi Sarjana) di Pertamina EP, saya sering sekali mendapat pertanyaan perihal bagaimana sih proses rekrutmen di sana? Tahapannya berapa banyak? Apa aja? Wajar memang, karena Pertamina masih jadi salah satu perusahaan yang diminati oleh lulusan perguruan tinggi di Indonesia.. if you know what I mean..
Sebetulnya saya pernah posting tentang proses ini di blog saya sebelumnya. Tapi gak ada salahnya kalau saya coba sharing lagi di sini. :)

Di sini saya jelaskan dulu mengenai gambaran umum tentang perusahaan Pertamina itu sendiri.. atau di Kaskus biasa dipanggil 'Mpok Minah' sama kaskuser saking seringnya diomongin.. don't know why... hahaha.

Tapi sebelum kita bahas tentang Rekrutmen, ada baiknya mengerti dulu apa itu Pertamina dan bisnis-bisnisnya Pertamina.
Apa sih yang pertama kali terlintas di pikiran kamu waktu pertama kali dengar kata "Pertamina"?
Pasti gak jauh dari gambar ini ya..

SPBU Pertamina

Hehehe.. Jadi yang masuk Pertamina bakal ngurusin SPBU??? Ya nggak lah..
Bentar.. bentar.. sebelum masuk ke situ, kita belajar dulu tentang Pertamina.

What is Pertamina?

Pertamina adalah perusahaan BUMN yang memiliki banyak anak perusahaan. Baru tau kan?
yap.. Pertamina (Persero) memiliki beberapa anak perusahaan di usaha Hulu (eksplorasi dan produksi migas) dan Hilir (pengolahan, pemasaran). Anak perusahaan tersebut di antara nya adalah PT Pertamina EP sebagai perusahaan Hulu/ Upstream yang bertanggung jawab dalam bidang Eksplorasi dan Produksi Migas, PT Pertamina Hulu Energi yang bertanggung jawab dalam explorasi wilayah-wilayah kerja baru, PT Pertamina Gas/ Pertagas (eksploitasi Gas Bumi), PT Pertamina Drilling Services (jasa pemboran dalam direktorat hulu), PT Pertamina Patra Niaga (perdagangan BBM, pengelolaan armada, depot), PT Pertamina Retail (usaha retail, SPBU dll). Pertamina juga punya beberapa anak perusahaan lain yang tidak bergerak dalam sektor migas, misalnya Pertamedika (kesehatan), Pelita Air (Maskapai Penerbangan) dan lain lain.

Kantor Pertamina (Persero) di Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta.


Jadi jelas ya bedanya Pertamina (Persero) dengan Pertamina yang lain apa.. Kita sebagai pekerja Pertamina EP lebih sering manggil perusahaan induk kita sebagai "Persero".Jadi bisa kelihatan kan mana perusahaan yang bergerak di Hulu dan Hilir..

Orang awam memang kadang gak peduli dengan banyaknya anak-anak perusahaannya Persero ini.. tapi wajar karena memang induknya satu, Pertamina. Cuma memang sektor bisnis nya yang berbeda-beda. Masalah pembagian anak-anak perusahaan ini adalah karena adanya  wujud implementasi amanat UU No.22 tahun 2001 yang mewajibkan PT Pertamina (Persero) untuk mendirikan anak perusahaan guna mengelola usaha hulunya sebagai konsekuensi pemisahan usaha hulu dengan hilir.

Nah, setelah pembedaan mana sektor hulu dan hilir, di Pertamina (Persero) sendiri punya beberapa Direktorat (yang dipimpin oleh Direktur). Direktorat tersebut antara lain Direktorat Upstream, Pengolahan/ Refinery, Pemasaran dan Niaga (Marketing & Trading),Sumber Daya Manusia, Keuangan, Umum, Internal Audit, Gas, Corporate Secretary, dan Legal Counsel (maaf kalau ada yang kurang.. gak gitu hafal semua Persero soalnya :p). Setiap Direktorat akan membawahi sektor-sektor tertentu yang bisa jadi hubungannya akan berbeda-beda satu sama lain.


For your information, sekarang semua tahapan penerimaan pekerja baru Pertamina dan anak perusahaannya akan melalui satu gerbang yaitu dari Pertamina (Persero). Dulu, setiap anak perusahaan diberi kuasa untuk merekrut S1 Freshgraduate untuk ditempatkan di perusahaannya itu. Untuk sekarang, khusus untuk BPS (S1) akan diatur oleh Pertamina (Persero). Sehingga untuk penerimaan BPS di Pertamina EP pun akan melalui Persero dulu.

How is Pertamina Recruitment Process?


Sebelumnya, saya ingin menjelaskan dulu dengan singkat kenapa saya memilih Pertamina untuk jadi perusahaan tempat saya bekerja. Of course, Pertamina adalah perusahaan BUMN terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang migas. And I guess, it would be great if Pertamina become my first company to work. Jadi, lolos untuk jadi bagian dari BPS adalah one of my biggest achievement in my life :')

Actually, sebelum bekerja, saya cukup sering terlibat dalam proses rekrutmen awal untuk Pertamina, baik itu bagian hulu atau hilir karena pernah bekerja sebagai associate di Biro Psikologi Universitas Padjadjaran. Dengan latar belakang pendidikan dan skill yang saya miliki, saya terbiasa menjadi Recruitment Officer dalam proses Psikotest.

Sebelum recruitment ditangani oleh Persero, saya masuk ke Pertamina EP dari gerbang EP, sehingga saya disebut EP-hired. Mungkin akan ada beberapa perbedaan dengan Persero-hired, but anyway saya akan mencoba menjelaskan beberapa tahapan Recruitment EP waktu saya ikut tahun 2012 lalu.

1. Online Register
Di tahap awal, kita diharuskan mendaftarkan diri kita dan segala kelengkapan berkas yang kita miliki secara online selengkap-lengkapnya. Jangan sampai ada satu hal pun yang tidak diisi, karena kelengkapan data merupakan salah satu syarat kita untuk lolos ke tahap berikutnya.

Pengumpulan data secara online ini memudahkan tim rekrutmen untuk menyortir siapa saja yang lolos tahapan administrasi dan siapa saja yang tidak. Perlu diketahui, IPK minimal untuk penerimaan pegawai Pertamina saat ini adalah 3.00 untuk BPS, dengan nilai TOEFL (bukan prediction test) minimal 475. Asal Universitas bukan menjadi syarat utama penerimaan. Cukup banyak lulusan universitas swasta yang bergabung di Pertamina, juga bukan berarti universitas ternama akan menjadi prioritas.



2. Tes Online Bahasa Inggris
Setiap pengumuman tahapan tes akan diberitahukan melalui web resmi Pertamina. Oleh karenanya, kita diharuskan untuk sering mengecek account kita untuk mengetahui kelanjutan proses application masing-masing.
Setelah lolos tahapan administrasi, kita diminta untuk melakukan tes online bahasa Inggris dengan cara mengerjakan tes selama 90 menit di halaman web tertentu.

Tes bahasa Inggris yang diberikan berupa multiple choice dan akan sangat banyak kesempatan bagi kita untuk membuka kamus atau google translate. Namun untuk efisiensi, saya sarankan untuk tidak menggunakan tools apapun karena akan mempersulit kita dalam pengerjaan. Tes yang diberikan cukup sederhana, berkaitan dengan vocabulary juga grammar. Tes ini dapat dilakukan kurang dari 1 jam bila sungguh-sungguh. Bila sebelumnya belum terbiasa dengan tes online, kamu bisa mencari latihan soal TOEFL bahasa inggris di internet dengan latihan mengkroscek hasil pengerjaan dengan kunci jawabannya.

3. Psikotes
Sampai tahap ini, peluang kelulusan masih sangat tinggi. Bila sudah lolos tahapan tes online bahasa Inggris, kamu akan diminta untuk mengikuti Tes Psikologi di kota terdekat dengan domisili yang kamu submit pada saat pendaftaran. Karena saya tinggal di Cimahi Selatan, maka saya mengikuti Psikotes di Bandung. Kebetulan saya tes di BPIP Unpad, Dago.
Apa saja yang dites?
Sampai saat ini Pertamina masih melakukan tes psikologi dengan alat tes umum yang cukup sering digunakan di berbagai proses rekrutmen perusahan. Sebagai bocoran, yang digunakan adalah alat tes intelegensi, grafis, dan ketahanan kerja.

Saran dari saya, persiapkan kemampuan fisik dan non fisik semaksimal mungkin. Keluarkanlah potensi maksimal kamu dalam berpikir juga mengingat. Jangan lupa untuk menggunakan kreativitas. Semua hal akan baik bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh.
Sebenarnya akan sangat banyak aspek yang harus diperhatikan saat psikotes, yang jelas, buatlah hasil tes tersebut sesuai dengan kepribadian kamu, bukan aturan dari buku-buku primbon, atau tips-tips psikotes yang tidak jelas asal-usulnya.


4. Interview User
Tahap selanjutnya adalah tahap wawancara. Di tahap ini cukup banyak peserta yang terkena cutting sehingga hanya tersisa kira-kira 10-20% saja dari total peserta di tahapan sebelumnya. Waktu itu, karena saya melamar untuk posisi HR, saya diwawancara langsung oleh Recruitment specialist juga Vice President dari HR Pertamina EP. Di sini, kita dituntut untuk dapat menjual diri kita dengan sangat baik agar pihak Pertamina 'tertarik' untuk membeli kita dan mengambil manfaat dari kemampuan yang kita miliki untuk perusahaannya.
Di Pertamina EP sendiri, saya merasa proses rekrutmen ini berjalan cukup unik dan agak-agak berbeda dengan interview yang lainnya. Di perusahaan lain, dalam interview saya lebih sering ditanya tentang pendidikan formal, kemampuan akademik, dan lain sebagainya. Namun, saat interview di PEP, saya justru diminta untuk menyanyi. Yap, MENYANYI.
Sebelum interview, biasanya kita diminta untuk mengisi formulir riwayat hidup selengkap mungkin sampai tentang hobby dan cita-cita kita. Saya senang bermain musik, pernah bergabung dalam band, dan menyukai hal-hal yang berhubungan dengan hiburan. Oleh karenanya, saya merasa hal itu cukup unik untuk disampaikan. Pihak recruiter tampaknya cukup tertarik dengan itu sehingga saya diminta menyanyi.

Saran saya, jelaskanlah kemampuan kita dari mulai akademis sampai non akademis yang menjadi nilai plus diri kita sekaligus pembeda diri kita dengan orang lain. Pertamina EP membutuhkan orang-orang yang out of the box, yang mengetahui kelebihan dirinya meskipun sederhana tapi bisa menonjolkannya di depan orang banyak. Di angkatan saya sendiri, ada orang-orang unik yang memang memiliki nilai tambah, misalnya juara billiar, atau olahraga lain. Namun tentu selain itu kita juga harus capable untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan pekerjaan kita nanti di tempat bekerja.

5. Medical Check Up
Setelah melalui tahap Interview, tahapan medical check up (medcek) adalah tahap krusial yang patut dijalani. Tentu, hal ini dilakukan karena Pertamina ingin pegawai yang dimilikinya sehat walafiat dari atas kepala hingga ujung kaki. Kebugaran fisik merupakan salah satu aspek penting yang diharuskan oleh Pertamina. Bukan hanya karena tunjangan kesehatan yang nanti akan dibayarkan penuh bagi pegawainya, tapi pekerjaan di Pertamina memang menuntut kita untuk memiliki badan bugar.

Kita akan diberikan pengumuman kelolosan paling tidak satu minggu sebelum medical check up. Artinya, kita masih punya waktu 1 minggu untuk mempersiapkan kondisi badan kita semaksimal mungkin. Apa saja yang diperiksa? Semuanya. Dari mulai darah, urin, feses, mata, telinga, paru-paru, jantung, dan keadaan fisik.

Saat saya dulu dites, semua pemeriksaan tubuh dilakukan di laboratorium, berbeda dengan Pertamina Persero yang biasanya ada tes lari di lapangan. 
Sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, perhatikan asupan makanan semaksimal mungkin. Saat itu, saya sangat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh dengan cara mengonsumsi oatmeal setiap hari. Demi medcek, saya mendadak jogging tiap pagi. Jangan lupa konsumsi sayuran dan susu. Yang jelas, untuk satu minggu sebelum medical check up, lupakanlah makanan yang rasanya 'tidak benar'. Untuk perokok, bisa dikurangi dulu rokoknya sebentar ya biar kuat lari di threadmill nya.. Tapi ingat, jangan sampai kita tidak makan makanan apapun dengan niat 'membersihkan darah'. Justru, makanlah dengan porsi normal, tidak berlebihan, kurangi begadang, dan yang jelas perbanyak asupan makanan yang bergizi.


6. Pengumuman Kelulusan
Tahap terakhir adalah pengumuman kelulusan. Untuk beberapa divisi misalnya Keuangan, mereka diminta untuk wawancara lagi dengan direktur keuangan sebelum pengumuman. Namun, saat itu posisi HR tidak diminta untuk interview lagi. Alhamdulilah, setelah menunggu kurang lebih 1 bulan dari tahapan medcek, pengumuman pun tiba. Hasil diumumkan lewat account Pertamina EP dan juga e-mail. Selain itu, kita juga dikirimi surat dari Pertamina EP langsung ke rumah. Dari situ, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai persiapan kita untuk masuk Pertamina Learning Center nanti.

Jadi begitulah rangkaian proses rekrutmen Pertamina EP yang saya ikuti kurang lebih dari bulan April hingga November 2012. Proses ini memang cukup panjang dan sangat membuat galau para pesertanya. But, believe me, this is really worth it.


Salah satu proses bisnis Pertamina, Pengolahan Minyak.


Di post yang lain saya akan menjelaskan tentang proses bisnis PT Pertamina EP tempat saya bekerja.

85 comments:

  1. Halo kak, makasi post nya lengkap bgt :) aku mau tanya biasanya BPS pertamina dibuka sekitar bulan apa ya? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam..... 1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll. 2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2).. Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3. DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6. Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen 9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 1.500.000 • SMA = Rp. 2.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindaht jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Halo kak, makasi post nya lengkap bgt :) aku mau tanya biasanya BPS pertamina dibuka sekitar bulan apa ya? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      tidak ada periode yang pasti untuk pembukaan rekrutmen. Biasanya akan diumumkan melalui web pertamina, melalui job fair, atau twitter resmi pertamina @PTPERTAMINA

      Delete
    2. AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
      Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
      asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
      trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
      nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
      allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
      sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
      mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
      cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
      jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
      sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
      malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
      dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
      lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
      upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
      Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
      pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
      tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
      temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
      ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
      jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
      telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
      KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
      ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
      demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
      sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
      dengan membawa hasil.
      Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
      silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
      TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
      dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
      >>>>KLIK DI SINI<<<<

      Delete
  3. Nice artikel mba, isinya sudah jelas dlm menggambarkan proses rekrutmen di pertamina.
    Bulan April 2016 ini ada lagi nih pembukaan, apakah tahapan seleksinya masih sama mba?
    Trima kasih.

    don.sutisna

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih sama, mungkin beda sedikit di tahapannya. Persiapkan yang terbaik saja ya.

      Delete
    2. Mau tanya, saya ada 2 ijasah d3 dan s1 teknik kimia, klo seumpama saya ikut rekrutmen d3, suatu saat ijasah s1 saya bisa dipertimbangkan nggk?? Makasi

      Delete
    3. Mau tanya, saya ada 2 ijasah d3 dan s1 teknik kimia, klo seumpama saya ikut rekrutmen d3, suatu saat ijasah s1 saya bisa dipertimbangkan nggk?? Makasi

      Delete
  4. Assalamualaikum

    Mba apakah utk syarat awal TOEFL 450 itu wjib ya?? Jika di bawah itu apakah psti tdk lulus administrasi?

    Mohon bantian informasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu kalau persyaratan sekarang seperti apa, kalau jaman saya dulu memang minimal 450. Dipersiapkan saja latihan2 soal bahasa inggris, kalau rejeki pasti dapat kok!

      Delete
    2. Mohon maaf mba, mau nebeng pertanyaan ni, kalau belum pernah tes toefl sama sekali dan udah dapat panggilan untuk interview gimana ya? Apakah nanti pas di tempat pengetesan bakal kebuang langsung atau bisa lanjut mba?
      Mohon pencerahannya, terimakasih

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. selamat pagi saya mau bertanya soal rekrutmen pertamina di bagian direktoran keuangan, tahapan tesnya apa saja ya ? apa sama tahapannya dengan bps
    Dan satu lagi apa beda masuk lewat jalur bps dan direktorat freshgraduate ?
    Terima Kasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan tahapannya apa saja karena sy bukan di bagian rekrutmen. Mungkin kurang lebih sama dengan yang pernah saya alami dulu. Persiapkan saja diri kamu sebaik mungkin.

      direktorat freshgraduate itu apa ya? saya belum pernah mendengarnya.

      BPS = Bimbingan Profesi Sarjana, which is itu adalah freshgraduate.
      Kalau jalur pengalaman masuknya ke jalur experience.

      Delete
  6. Malem mas, saya pemgen ikut tes BPS. Kebeneran saya sudah bekerja di salah satu bumn tp saat itu saya melamar lewat jalur SMA. Kemudian saya kuliah lg dan skrng sdh lulus S1, maka dari itu saya ingin mencoba melamar di pertamina. Yang mau saya tanyakan, disalah satu form online yg harus diisi kan ada working experience. Apakah disitu saya boleh mengisi form tersebut dgn experience pekerjaan saya saat ini, beserta sertifikat2 training yg pernah saya dapatkan ditempat saya bekerja ? Mksd saya adalah utk semoga bisa menjadi nilai plus dari form yg saya isi. Tp yg saya takutkan, nanti panitia penyeleksi menilai saya tdk loyal dgn perusahaan tmpt saya bekerja skrng. Pdhl sebenarnya tujuan saya adl utk melamar menggunakan ijazah S1 yg sdh saya dapat skrng. Krn kmrn saya kan melamar kerja ditmpt saya skrng pakai ijazah SMA krn wkt itu saya blm kuliah. Mohon pencerahannya mas ya, agar berkas yg saya kirim tdk menjadi msalah krn saya pngn sekali kerja di pertamina. Mohon dibalas. Trima kasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak mksdnya bkn mas hehe, mohon maaf bener mbak ya krn ngetiknya buru2 dan saya bingung mau tanya sama siapa, kebetulan saya ketemu blog nya mbak. Trima kasih mbak :)

      Delete
    2. Silakan saja dimasukkan pengalaman kerja nya. Bukan masalah besar.

      Delete
  7. Makasih mbak untuk penjelasannya :)
    Mbak, proses rekrutmen pertamina itu biasanya berapa lama y? Misalnya dari pendaftaran online sampe ke panggilan tes pertama dst...itu biasanya berapa lama mbak? Makasih mbak :)

    ReplyDelete
  8. Makasih mbak untuk penjelasannya :)
    Mbak, proses rekrutmen pertamina itu biasanya berapa lama y? Misalnya dari pendaftaran online sampe ke panggilan tes pertama dst...itu biasanya berapa lama mbak? Makasih mbak :)

    ReplyDelete
  9. kalau saya dulu skitar 6 bulanan.. bisa kurang bisa lebih. Tidak bisa saya prediksikan karena itu tergantung kebijakan perusahaan.

    ReplyDelete
  10. Saya ingin bertanya seputar loker ini dengan penjelasan kiki dari contact pertamina padaTahapan Pendidikan selama 6 bulan/12 bulan sebagai pegawai internal PT. Pertamina. yang maksud pegawai internal itu apa ,mohon penjelasannya detil lagi. mohon penjelasan nya seputaran hal tentang pegawai internal di pertamina , apakah sama dengan OS / kontrak (bkn tetap) di direktorat pemasaran. apakah status pegawai internal setalah pendidikan begitu ?? trima kasih mbak atas perhatian nya sekian di tunggu blsanya , mbk kan eks bps pertamina Ep bagian HRD dan rekrutmen nya pasti tau semua hal tentang hubungan kerja di pertamina ada berapa jenis kah, seperti outsourcing , pegawai internal , pegawai tetap . stelah pendidikan , apakah stelah bekerja kita satusnya pegawai internal jika iya apa alasan nya bkn tetap dikarenakan tes ny sangat sulit untuk lulus begitu diterima kita bkn pegawai tetap alangkah sayang sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekrutmen yang dibuka di website resmi pertamina adalah untuk Pekerja Tetap, bukan pekerja kontrak maupun outsourcing. Pegawai internal ini maksudnya pegawai Pertamina.

      Apabila setelah lulus rekrutmen dan lulus mengikuti tahapan pendidikan, maka akan dijadikan pegawai tetap Pertamina (Pekerja Waktu Tidak Tertentu, silakan pelajari di peraturan perundangan).
      Ada juga pekerja Pertamina yang direkrut untuk waktu tertentu, misalnya kontrak maksimum 2 tahun. Biasanya, setelah 2 tahun mereka direkomendasi untuk menjadi pegawai tetap.

      Untuk outsourcing, Pertamina tidak membuka lowongan. Pegawai Outsourcing adalah pegawai dari perusahaan lain yang dikontrak pertamina untuk pekerjaan tertentu. Masa kerjanya tergantung dengan kontrak yang disepakati dengan vendor nya masing-masing.

      Bila masih bingung dengan konsep outsourcing silakan baca posting saya http://idolovemyjob.blogspot.co.id/2014/01/what-is-outsourcing.html

      Delete
    2. Ow ,pegawai internal pertamina ini bisakah disamakan dengan internship atau intern, sya tau ini dari system pertamina care nya yang menyebutkan stlh pendidikan diangkat jd pegawai internal pertamina , trims .

      Delete
  11. sekalian juga mw tanya seputar job desk jabatan di direktorat pemasaran utk yg fresh graduate tahun 2016 ini apa aja kerjanya yang akan dilakukan untuk posisi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf saya tidak bisa memberikan penjelasan mengenai jobdesk/ uraian jabatan di Pertamina.

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Untuk tes toefl berapa soal yang harus dikerjakan dalam 1 jam? Itu dilakukan di rumah masing-masing atau di tempat yang ditentukan pertamina mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf klo tes toefl saya tidak bisa menjelaskan. Kalau angkatan saya dulu tes nya online, beberapa angkatan setelah saya tes nya di ruangan.
      Persiapkan diri sebaik-baiknya saja ya.

      Delete
  15. Adkah tagrt kerja d pemasaran spt sales ? Jika tdk tercapai out. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa direktorat Marketing & Trading (Pemasaran) di Pertamina level pekerja tidak dituntut sampai seperti itu. BUkan sales yang kita lihat seperti biasanya.
      Mungkin ada bagian tertentu yang mengatur hal itu tapi saya rasa bukan di level pekerja tetap.

      Delete
  16. Susah ya buat nembus pertamina... tapi banyak orang bisa kenapa aku gak bisa semangat aja
    <a

    ReplyDelete
  17. Aq dlu sda pernah smpe interview hrd d pertamnna ep d hotel arista tepat nya, dn gk luous sbtas itu aja krn minim penglman kerja walaupun fresh graduate

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. aq blm dpt..kok lama bgt ya dr pndfataran onlinenya..pdhal udh nyaris 1 bulan

    ReplyDelete
  20. mau tanya mas, untuk pendaftaran online yang bagusnya kita upload berkas scan'n ijazah+transkip asli atau fotokopi ijazah+transkip yang telah dilegalisir yang kita upload untuk persyaratan dokumennya mas???

    ReplyDelete
  21. Spertinya ad yg sda tes nya biasa sblum puasa , pas abz puasa bru interview biasanya, mgkn seleksi ini diperketat

    ReplyDelete
  22. Gmn yg laen sda smpe mana tes ny ada yg lulus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. stau q tes na bru d mulai stlh lebaran deh..obrolan d grup telegram kata na prtngahan juli..itu info dr ttngga org yg krja d sna

      Delete
    2. Itu semua direktorat apa direktorat pemasaran dahulu

      Delete
    3. entah direktorat yg mana aq jg gak tau...
      mgkin 2014 dan 2016 itu beda..kan puasa na jg beda bulan..pst ad byk faktor yg mmpngaruhi..toh d kaskus jg smua na blm dpt pglan

      Delete
    4. Sukurlah klo blm smua , nah klo sda bisa berabe nunggu sethun kg kedon bru bisa ikut tes nya, aq asal palembang klo kamu

      Delete
    5. aq jogja..biar ga ktinggalan info, kmu pntau aj info d kaskus..d sna byk info yg brmnfaat

      Delete
    6. Skbr an aja klo sda aq jg kbrin ntr ,

      Delete
  23. Thn 2014 dlu tes tertulis sblm puasa , stlah puasa selang 1 smpe 2 bln tes interview d hotel, nah thn 2016 ini krg tw apakah bner stlah lebaran atau kah tdk luluz

    ReplyDelete
  24. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  25. Ayo2 sda abz lebran ni siapa yg sda dpt panggilan , post dsni direktorat mana , pemasaran keuangan. Kali aja email ny macet

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas puasa udh pada d pgl initial intrvview kali..tinggal nunggu psikotes buat yg lulus initial intrview

      Delete
    2. direktorat mana kamu??stau aqurtuan tuh ,adminlulus,psikotes,tes binggris, wwcra psikolog, tes keshtan ,wwcrauser.

      Delete
    3. kan aq udh blg k km..updet d kaskus, klo ga ya ktinggalan info kyk gini kan..rekrutmen taun ini beda dr sblm na.

      Delete
    4. bkn gk tw ya gan , ini ane tnya kamu direktorat mana yg di lamar , d3 / s1 ,cth direktorat pemasaran keuangan teknik dll. gk kmu jawab mohon jgn bocah. bis a di jawab ??? aq ni bkn gk buka2 kaskus , lah tritny aja masihh kecil

      Delete
  26. Mohon maaf mba mau tanya,, klo vendor pertamina yg bergerak di pengadaan jasa outsorcing klo blh tau skrg Pt apa yah? Sy berminat nih untuk jadi tenaga outsorcing nya. Tks mohon infonya

    ReplyDelete
  27. Terima kasih mbak atas sharingnya, saya ingin bertanya, apakah utk program rekrutmen saat ini sama dengan bps dlu ya? Saya kebetulan ditrima sebagai staff di bag css pertamina persero dan masuk per tgl 17 oktober 2016 ini, tp offering letter belum jg diberikan hingga saat ini.. Nah apakah program yg saya ikuti ini mirip dg bps atau nanti hanya sebagai pegawai os ya? Mohon informasinya karena saya tidak tahu detil dr program ini.

    ReplyDelete
  28. mbak gajinya dipertamina berapa ya perbulan. terus tunjangannya apa saja. gajinya setahun berapa kali ya

    ReplyDelete
  29. mbak gajinya dipertamina berapa ya perbulan. terus tunjangannya apa saja. gajinya setahun berapa kali ya

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Mba, saya sudah daftar untuk proses rekrutmen pertamina pge. Saya lihat tes keduanya tes psikologis. Apakah tes t rsebut murni hanya psikotes saja seperti wartegg, kraeplin atau ada tes lain seperti TPA?

    ReplyDelete
  32. Postingan nya sangat bermanfaat mbak ����
    Kalo untuk pertamina retail itu apakah gaji kesejahteraan nya sama seperti anak perusahaan yg lain?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Terima kasih info nya mba, kebetulan saya orang cimahi selatan juga insyallah lulus s1 tahun 2017 ini. Info nya sungguh membantu

    ReplyDelete
  35. terima kasih banyak mba infonya, btw mau menanyakan, setelah tes administrasi lolos, untuk tes bahasa inggrisnya setelah diumumkan kelolosan tahap administrasi berapa lama ya ? biar enak persiapannya hehehe :)

    ReplyDelete
  36. Selamat sore mbak chrisna, saya mau tanya apakah sarjana pendidikan bahasa prancis bisa melamar di pertamina, apakah ada lowongan untuk S.Pd? Terima kasih mbak.

    ReplyDelete
  37. Selamat sore mbak chrisna, saya mau tanya apakah sarjana pendidikan bahasa prancis bisa melamar di pertamina, apakah ada lowongan untuk S.Pd? Terima kasih mbak.

    ReplyDelete
  38. Saya mau tanya untuk pendaftaran online haruskah menyertai scan sertifikat toefl? Kalo belum pernah toefl sama sekali bisa ga ya? Untuk fresh graduate kemungkinnya kecil ga untuk lolos?

    ReplyDelete
  39. saya mau tanya mbk. misalkan staf lapangan kerjanya di bagian ap y mbk..? dan benarkah tahun ini pertamina juga membuka kembali rekruitmen. trims

    ReplyDelete
  40. saya mau tanya mbk. misalkan staf lapangan kerjanya di bagian ap y mbk..? dan benarkah tahun ini pertamina juga membuka kembali rekruitmen. trims

    ReplyDelete
  41. Hai kk..
    Klu semisal kita salah satu persyaratan utk tes pertamina selanjutnya tdk ada (misal, sertifikat TOEFL)..apa tdk bs mengikuti tes meskipun sdh mendapatkan undangannya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sy jugaa tes, awalnya tes tanpa sertifikat TOEFL. Tp pas sampe di tahap interview user diwajibkan melampirkan sertifikat TOEFl

      Delete
  42. Selamat siang kak, mau nanya ini untuk Expected Salary bagi fresh graduate biasanya bisa di antara berapa iya kak?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya fresh graduate, lulusan D3. 5-6 juta.. Trgantung posisi

      Delete
  43. Selamat sore mbak.
    Saya sudah menjadi tenaga ahli di pep semenjak 2014. Dan ingin masuk lewat jalur experienced. Apakah tahap di jalur experience sama dg jalur bps? Dan apakah menggunakan sarat minimal tofl?

    ReplyDelete
  44. Selamat sore mbak.
    Saya sudah menjadi tenaga ahli di pep semenjak 2014. Dan ingin masuk lewat jalur experienced. Apakah tahap di jalur experience sama dg jalur bps? Dan apakah menggunakan sarat minimal tofl?

    ReplyDelete
  45. Permisi, mau nanya kalau yang lulusan jurusan it di pertamina ditempatin di bagian apa ya?

    ReplyDelete
  46. kalau matanya minus bisa engga ka?

    ReplyDelete
  47. Mohon maaf mbak mau tanya. untuk jalur experience agustus tahun 2018 di pertamina untuk yang gagal di screening administrasi akan tetap mendapatkan informasi gagal, atau hanya yang lulus saja yang diberikan info. Karena saya ikut kirim berkas sudah lama, tapi pada akun masih berwarna biru dengan keterangan Screening Adm. Terimakasih.

    ReplyDelete
  48. Aku udah sampai medical checkup pertamina, tapi gagal. Soalnya waktu itu ga sempet ngikutin saran ini karena setelah interview User, besoknya langsung dipanggil untuk medcheck di lab. Meskipun beberapa tes saya lewati dengan aman (seperti pendengaran, tes huruf, buta warna, treadmill) tapi tes2 lainnya seperti usg, ekg, feses, darah, rontgent, saya tidak tau hasilnya huhuhu. Sedih banget gagal ketika sudah diujung

    ReplyDelete
  49. Kak kalo untuk reqruitment CS pertamina gimana ya ?

    ReplyDelete
  50. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete