Blog ini berisi tulisan dan artikel menarik seputar Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Psikologi serta Dunia Kerja.
Mari berbagi ilmu dan pengalaman anda di sini!

Monday, December 28, 2015

Tips penting lulus tes masuk Pertamina

Kantor Pusat Pertamina (Persero) Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat.

Banyak yang bertanya pada saya mengenai tips/ kiat khusus menjalani tes di Pertamina. Sebelum mengikuti tahapan rekrutmen BUMN migas khususnya Pertamina, yuk perhatikan beberapa tips berikut ini biar prosesnya lebih lancar dan mantap.

1. Ikuti semua persyaratan dasar administrasi


Dalam rekrutmen, Anak perusahaan Pertamina mensyaratkan hal yang mungkin berbeda dengan anak perusahaan lainnya. Usahakan semua persyaratan administrasi dilalui dengan baik dan selengkap-lengkapnya. Apabila diminta TOEFL, maka lakukan tes TOEFL, bukan TOEIC, prediction atau yang lain. Jangan lupa sertakan Surat kesehatan dokter, atau Surat Kelakuan baik dari Kepolisian apabila memang diminta. Ingat, kamu akan bersaing dengan ribuan peserta lainnya. Maka, persiapkan kelengkapan administrasi dengan sebaik-baiknya. Namun, tidak perlu menyertakan sertifikat yang tidak perlu. Apabila kamu sangat ingin menyertakan sertifikat yang penting menurutmu, pilih maksimal 2 (dua) yang cukup mewakili kompetensimu saat ini. Apabila berlebihan, kamu akan dianggap over confidence oleh recruiter.


2. Jangan ngotot dengan nilai yang kurang
http://recruitment.pertamina.com/

Apabila minimal IPK yang diminta oleh Pertamina adalah (misalnya) 3.00 sementara IPK kamu ternyata 2.95 maka kamu tidak perlu ngotot untuk mengirimkan lamaran. Dari segi administrasi kamu sudah berada di  luar populasi pencarian kandidat oleh perusahaan. Rekruter pun tidak akan lagi melihat kelengkapan dokumen lainnya. Ingat, kamu bersaing dengan ribuan (bahkan puluhan ribu) orang di luar sana yang mungkin IPK nya di atas 3.5
Begitu pula dengan nilai TOEFL atau batas kelulusan lainnya. Apabila ada salah satu yang kurang dari persyaratan, biasanya perusahaan tidak akan memberikan toleransi.
Ingat, rejeki sudah ada yang mengatur.

3. Latihan tes bahasa Inggris. 

Meskipun sudah dilampirkan dokumen TOEFL yang diminta oleh rekruter, tes bahasa inggris biasanya akan dilakukan. Ada 2 kemungkinan tes yang harus dilakukan : online atau langsung. Dilihat dari segi kemudahannya, memang tes online akan sangat lebih mudah karena kita hanya diminta mengerjakan beberapa soal pilihan ganda di depan komputer. Namun tes bahasa inggris langsung juga sering dilakukan oleh Pertamina (kerjasama dengan pihak ke tiga). Untuk melakukan tes ini, persiapkan latihan sebanyak-banyaknya mencakup grammar, vocabulary, dan yang paling penting adalah Listening karena kita kadang kesulitan mendengarkan native english secara langsung. Semakin banyak soal yang kita santap, semakin encer otak kita dalam menerima soal-soal lainnya.

4. Persiapkan mental dan fisik untuk tes psikologi/ psikotes  


Ingat, psikotes adalah kegiatan ‘memotret’ kondisi psikologi seseorang (mencakup intelegensi dan kepribadian). Oleh karena itu,  persiapkan potret diri kamu sebaiknya dengan melakukan hal berikut :
- TIDAK berlebihan saat sarapan. Kurangi karbohidrat yang banyak karena akan mengakibatkan ngantuk 
- Tidur 8 jam sebelum psikotes, menurut penelitian jam waktu tidur seperti ini paling ideal untuk merelaksasi pikiranmu nantinya.
- Persiapkan alat tulis : pensil HB, pensil 2B, bolpoin, penghapus, rautan, dan papan alas tulis.
Psikotes yang paling sering digunakan adalah yang berkaitan dengan kata-kata/kalimat, hitungan, dan menggambar.

5. Tidak terlambat pada saat menghadiri tes 

Usahakan datang minimal 15 menit sebelum jadwal tes. Setengah jam sebelum tes adalah waktu yang ideal. Apabila kita belum tahu tempat tes nya, pastikan minimal sehari sebelumnya kita sudah mengetahui alamat  tempat tes yang jelas. Terlambat pada saat menghadiri tes akan mengakibatkan konsentrasi kamu terhambat, lagi pula ada jenis tertentu yang tidak membolehkan pesertanya sedikitpun terlambat.

6.  Persiapkan penampilan terbaik saat interview

Penampilan sangat menunjang kamu agar sukses interview baik dengan user maupun management. Untuk pria, gunakan kemeja polos, celana bahan, dan sepatu pantofel yang bersih. Kamu dapat menambahkan dasi dengan motif simple untuk kesan yang lebih rapi dan profesional. Hindari penggunaan kemeja flanel, motif berlebihan atau jeans. Meskipun nantinya kamu bisa jadi ditempatkan di lapangan, management Pertamina akan menjadikan kamu sebagai leader sehingga kamu harus siap memiliki penampilan yang rapi. Untuk perempuan, kamu bisa menggunakan kemeja/ blouse yang tidak terlalu ketat, rok panjang/ pendek maksimal selutut dengan warna gelap. Jangan berlebihan dalam make up. Usahakan untuk terlihat rapi dan professional. Jangan lupa bawa CV kamu sebagai bahan materi yang bisa kamu ceritakan kepada interviewer.
Namun hal yang terpenting pada saat interview adalah kemampuan kamu untuk menjawab pertanyaan. Simak tips interview nya di post sebelumnya.
Perhatikan juga tips interview kami lainnya di sini http://idolovemyjob.blogspot.co.id/2015/10/4-hal-yang-harus-dihindari-dalam.html

7. Nothing to lose

Proses rekrutmen di Pertamina memerlukan waktu yang cukup lama dari awal hingga akhir. Namun,percayalah bahwa setiap rencana Tuhan akan dilepaskanNya satu persatu di saat yang tepat. Jangan tutup kemungkinan lain yang mungkin muncul di hadapanmu pada saat menjalani kegiatan rekrutmen. Pastikan kamu memiliki komitmen dan pertimbangan yang matang dalam memutuskan sesuatu.
Berikan usahamu yang optimal, sisanya serahkan pada Tuhan YME. Bersiaplah menjadi energi terbarukan Pertamina!



3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam..... 1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan : – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll. – Drop out takut dimarahin ortu – IPK jelek, ingin dibagusin – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain – Dll. 2. PRODUK KAMI Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D SARJANA (S1, S2).. Hampir semua perguruan tinggi kami punya data basenya. UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP STIE SUKABUMI YAI ISTN STIE PERBANAS LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA STIMIK UKRIDA UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM UNIVERSITAS SAHID DLL 3. DATA YANG DI BUTUHKAN Persyaratan untuk ijazah : 1. Nama 2. Tempat & tgl lahir 3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com 4. IPK yang di inginkan 5. universitas yang di inginkan 6. Jurusan yang di inginkan 7. Tahun kelulusan yang di inginkan 8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen 9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk 10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI, 11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE 4. Biaya – Biaya • SD = Rp. 1.500.000 • SMP = Rp. 1.500.000 • SMA = Rp. 2.000.000 • D3 = 6.000.000 • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS) • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000 (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan) • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000 (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4) • Pindaht jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete